Tempat Jual Cincin Terpercaya dan Murah, Berpusat di Yogyakarta

Cara Merawat Cincin Emas

Cincin dari bahan emas masih digemari oleh masyarakat Indonesia karena warnanya yang indah. Emas yang dibuat menggunakan teknik yang kurang benar terutama dalam proses pencampuran kadar bisa membuat cincin emas mudah berubah warna, kusam, bahkan sampai hitam, mudah penyok dan mudah tergores. Cincin tergores dan penyok adalah akibat kelalaian pemakai cincin emas. Untuk menghindari hal ini maka sebaiknya berhati-hatilah saat memakainya. Sebaiknya lepaslah cincin emas Anda saat mandi, atau berenang. Jika cincin emas Anda kotor segeralah untuk membersihkannya dengan menggunakan agar cincin emas Anda kembali mengkilap dan kotoran tidak semakin menumpuk.

Masalah yang Biasa Terjadi Pada Cincin Emas

Masalah pada cincin emas adalah sebagai berikut:

  • Cincin emas cepat berwarna hitam.

Hal ini karena campuran cincin yang kurang sempurna saat pembuatannya. Biasanya adalah cincin yang dikerjakan tangan susah dirawat karena cepat hitam.

  • Cincin emas cepat kusam

Hal ini biasanya karena cincin disimpan di lemari kayu dalam waktu yang lama. Pernis serta finishing kayu yang tidak sempurna dapat membuat cincin emas cepat kusam serta hitam sebab emas mengalami proses oksidasi oleh bahan finishing kayu. Kusam juga dapat disebabkan akibat mandi di laut. Emas sering mengalami oksidasi dengan belerangdan garam

  • Warna cincin emas berubah merah.

Hal ini karena campuran tembaga muncul ke permukaan. Penyebab yang biasa terjadi adalah karena jumlah kadar yang tidak tepat saat pencampuran.

  • Merah yang muncul pada cincin tidak merata.

Ini merupakan masalah yang biasa disebut mendung yang terjadi karena saat proses pengerjaan terdapat patrian pada daerah merah yang muncul. Biasanya disebabkan oleh campuran patri (tembaga) muncul ke permukaan.

Cara Merawat Cincin Emas

Cara Merawat Cincin Emas yang benar adalah sebagai berikut:

  1. Seringlah mengelap cincin emas Anda. Gunakanlah lap dari bahan abrasive seperti autosol. Dapat juga meggunakan kain katun.
  2. Simpan cincin emas dalam tas kain sebelum dimasuk lemari. Bisa juga disimpan di dalam kotak kertas, kotak plastik dan kotak dari logam.
  3. Jika emas banyak goresan, Anda bisa mengamplas cincin jika tidak keberatan cincin sedikit susut. Gosoklah dengan menggunakan amplas no. 1000, jika sudah halus gunakanlah amplas no 2000 hingga halus. Jika dirasa cukup halus kemudian pakai autosol untuk membuatnya lebih cling. Ini biasa disebut sebagi proses polishing.

Cara Merawat Cincin Emas yang salah adalah sebagai berikut:

  1. Sering kali terlihat seseorang menggodok cincin emas. Ini sebaiknya tidak dilakukan karena ada permata yang tidak tahan/ kuat terhadap suhu panas sehingga menyebabkan warna pada permata menjadi pudar.
  2. Menggodok cincin emas menggunakan panci aluminium dapat menyebabkan pewarna hitam yang sengaja dipakai menjadi hilang. Akan tetapi jika memang ingin menghilangkan obat hitam ini maka dapat menambahkan sedikit garam. Reaksi dari campuran aluminium dan garam yaitu mengikat oxidasi.

Menggodok cincin emas menggunakan asam. Asam merupakan bahan abrassive yang dapat menyebabkan lapisan pengkilap pada permata menjadi buram. Apalagi jika dilakukan pada soft permata seperti Amber. Asam juga dapat menyebabkan inclusion (adanya perubahan warna pada partikel yang ada dalam permata).

error: Content is protected !!